Ups Ternyata Aku Beli Barang Bajakan

What : Beli casing handphone nokia XL dan beli shampoo NR
When : 2 Agustus 2014
Where : Mall Ambassador
Who : Ita
How :

Niat hati membeli casing untuk handphone tersayang si nokia XL. Tadinya mau beli di official store seperti wellcomm atau toko resmi apalah gitu, tapi sayangnya saat melihat website Wellcomm ternyata casing nokia XL belum tersedia, bisa dilihat disini http://www.wellcommshop.com/index.php?route=product/search&search=nokia%20xl . Berhubung menurut Ita tempat aksesoris handphone terdekat dan paling lengkap adalah Mall Ambassador, jadilah Ita kesana.

Belum sampai lantai 3, sudah ada toko yang menjual casing handphone, nama tokonya Fashion Selular. Yah, bisa saja sih naik sampai lantai 3 atau lantai atasnya lagi dimana lebih banyak toko aksesoris handphone, tapi kalau di tempat yang lebih dekat sudah ada barang yang kita butuhkan kenapa tidak? Jadi, semacam ‘membeli waktu’ begitu, hehe.

1# Casing Nokia XL

Setelah sibuk melakukan tawar-menawar akhirnya Ita dan Mbak penjaga toko sepakat soal harga, dapatlah casing handphone warna hijau tosca dan anti-gores yang sekaligus anti minyak seharga Rp 150.000. Sedikit perbandingan, kalau mau beli secara online melalui kaskus misalnya, harga casing nokia XL cukup beragam dari Rp 70.000 – Rp 150.000 yang bisa dilihat disini http://www.kaskus.co.id/post/53ee04b612e257d3558b45d6#post53ee04b612e257d3558b45d6. Berhubung lagi malas beli tapi nggak bisa pegang casing nya, jadi opsi untuk membeli online sementara ditinggalkan. Lagipula harga yang Ita beli masih standar.

Scan 2

2# Struk yang Berbeda

Setelah membeli casing handphone nokia XL, beralihlah Ita ke Century untuk membeli Shampoo NR. Nah, ternyata setelah menerima struk belanja ada perbedaan dengan struk dari pembelian casing handphone tadi seperti yang terlihat di gambar diatas. Perbedaannya adalah :
1. Tidak ada Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk struk sebelah kanan.
2. Tidak ada Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk struk sebelah kanan.

Secara awam, Ita kira karena Century adalah perusahaan yang lebih bonafide dibanding toko aksesoris handphone tadi. Tapi ternyata bukan, setelah membaca http://www.pajak.go.id/content/seri-ppn-dan-ppnbm-kewajiban-membayar-ppn. Ita jadi tahu kalau ternyata casing handphone nokia XL yang Ita beli di toko tersebut adalah bajakan, mungkin anti-gores yang dijual pun bajakan entahlah. Sebagai warga negara kita memang disarankan membeli barang pada perusahaan yang memiliki NPWP. Selain itu, kenapa tidak ada PPN di struk yang sebelah kanan ya karena penjual barang bajakan dan barang selundupan tidak membayar PPN. Duh, membeli barang bajakan sih males banget tapi apa daya, kayaknya casing nokia XL belum ada yang original atau ada tapi Ita nggak tahu, entahlah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s