Tiket Pesawat Hemat

Sebagian besar orang yang tentunya sadar pentingnya hemat atau sekedar tidak punya uang cukup, pastinya ingin tiket pesawat yang murah saat akan berpergian ke luar kota atau luar negeri. Jujur saja, pengaman aku tidak banyak tapi ya aku pernah membeli tiket ke luar negeri sendiri, ya benar-benar mengurus semuanya sendiri. Harga tiket pesawat berbeda-beda tergantung tujuannya dan beli tiketnya dimana. Nah ini sedikit yang aku tahu mengenai tiket pesawat yang lebih hemat :

1. Kalau kamu mau sekedar jalan-jalan di Asia Tenggara

Aku sarankan langsung saja buka website AirAsia, atau JetStar. Menurut saya dua maskapai tersebut tergolong murah atau kalau jika ingin membandingkan lagi bisa buka wego.co.id karena kadang saya juga membuka website tersebut. Yah, biasanya sih harga tiket dari Jakarta ke negara tujuan di Asia Tenggara akan murah, tapi tiket untuk kembali ke Jakarta nya itu loh yang mahal. Saking murahnya, salah satu teman aku sudah membeli tiket keberangkatan ke Thailand yang aku lupa tanggal berapa berangkatnya, tiket itu seharga Rp 150.000, murah sekali menurutku. Tapi temanku itu belum membeli tiket kembali ke Jakarta karena biayanya terbatas, wajarlah namanya juga backpacker hehe.

Catatan : Biasanya penerbangan murah seperti AirAsia hanya memberikan bagasi (baggage allowance) yang terbatas dan tidak mendapat fasilitas makanan. Jadi kalau kamu memang punya uang berlebih atau berniat bawa barang banyak, naik saja Garuda Indonesia atau maskapai lainnya.

Website wego.co.id

Website wego.co.id

2. Kalau kamu mau ke Asia atau Eropa dan negara di benua lainnya.

Alihkan situs pencarian tiket kamu ke skycanner.com atau kayak.com dimana dua situs tadi direkomendasikan salah satu blogger yang suka travelling yang aku lupa siapa huhu. Bayarnya biasanya pakai kartu kredit. Kalau memang mau ke negara yang cukup jauh seperti Eropa, kalau memang bisa ya diusahakan satu bulan sebelum keberangkatan karena harga tiket mendekati hari keberangkatan biasanya akan melonjak. Situs yang menurut aku paling murah sebenarnya ebookers.com sih hehe.

Catatan : Sebenarnya aku malas merekomendasikan ebookers.com ya karena masalah bagasi (lagi lagi). Harga tiket boleh murah tapi kadang bagasinya cuma di kabin sebesar 10 kg, atau kalau kita mau ya harus bayar setelah booking tiket pesawat. Duuuh, bayar bagasi setelah booking setauku mahal loh. Nah kalau kamu memang berniat backpacker atau kalau kamu nekat dan segitu pinginnya ke benua sana, yaudah sok atuh dipakai saja ebookers.com

Website skycanner.co.id

Website skycanner.co.id

3. Pengalaman beli tiket pesawat ke Korea Selatan

Tahun 2013 tepatnya bulan Juli awal, Alhamdulillah aku mendapat rezeki untuk pergi ke Seoul, ibu kota Korea Selatan. Nah, aku kala itu bingung mau pakai maskapai apa. Karena aku segitu cintanya sama Indonesia, jadilah yang terpikir pertama kali adalah membeli tiket melalui maskapai Garuda Indonesia. Ya aku juga tahu kalau Garuda Indonesia itu mahal. Alhamdulillah lagi, karena hobi aku browsing kesana kemari, aku pun tahun kalau pada periode keberangkatan aku berlaku diskon 20% dari Garuda Indonesia untuk kampusku. Jadi kampusku dimana hayo? hehe. Eh aku lupa antara 20% atau 25% gitu diskonnya. Seingat aku dari 10 juta sekian menjadi 8 juta rupiah. Waktu beli tiket aku melakukan pembelian online melalui website Garuda Indonesia, eh ternyata setelah menelepon customer service, setelah booking harus cepat-cepat ke counter Garuda Indonesia untuk melakukan pembayaran. Yasudah akhirnya aku membeli tiket dengan terburu-buru. Ohiya pastikan kamu membawa kartu debit atau kredit dari bank komersial seperti BCA, BNI, BRI, atau Mandiri ya karena aku hanya membawa kartu debit dari Bank Syariah dimana aku sampai harus menarik uang dari ATM untuk membayar tiketku.

Ohiya satu hal lagi, temanku ke Seoul juga naik KoreanAir dan kata mereka makanannya tidak enak. Kalau makanan dari Garuda Indonesia tidak usah ditanya, cocok kok sama lidah kita :p

Catatan : Ayo lebih kepo! Please kamu harus tau apa keuntungan yang kamu dapat sebagai mahasiswa kampus tertentu, pemilik rekening atau kartu kredit bank tertentu, anggota dari organisasi tertentu, dan nikmati privilege nya. Ya kadang prosesnya agak sedikit bikin repot sih, tapi kalau untuk diskon harga tiket pesawat, aku rasa worth it saja.

Website garuda-indonesia.com

Website garuda-indonesia.com

4. Pengalaman beli tiket pesawat ke Turki

Alhamdulillah Oktober 2014, rezeki ku datang lagi. Aku dapat kesempatan ke Istanbul, Turki. Masalahnya, aku sudah dapat dikategorikan terlambat dalam membeli tiket. Akhirnya, aku menggunakan jasa STA Travel yang berkantor di Menara Allianz lantai 27. Tiket yang aku dapat seharga $1005 atau kalau tidak salah IDR 12.300.000. Duh itu mahal loh bagi aku yang kerjanya masih minta uang Orang Tua tercinta. Tapi sih setau aku, beli tiket di STA Travel sudah terbilang murah dan kalau tidak salah salah satu syarat pembeliannya adalah kamu seorang student alias mahasiswa/pelajar. Sekalian beli tiket saya dibuatkan International Student Identity Card secara gratis (ISIC, apa itu ISIC dapat di cek di isic.co.id). Keuntungan memiliki ISIC banyak sekali loh, cek deh websitenya, aku belum mood cerita soal ISIC hehe. Kalau harga tiket yang aku dapat dibandingkan dengan harga tiket yang dipesan 2 minggu sebelum keberangkatan, ya jelas saya mahal, harga tiket yang tidak mendadak bisa 8 juta rupiah – 10 juta rupiah. Ohiya maskapai penerbangan aku Qatar Airways. Nah kembali ke harga tiket aku yang 12 juta rupiah itu. Sekembalinya aku dari Turki, seorang senior yang tahun lalu (atau dua tahun lalu ya, aduh aku lupa) ke Turki juga bahkan mendapatkan tiket seharga 14.700.000 rupiah. Duh Ya Allah, Alhamdulillah banget deh sama harga tiket pesawat aku. Ohiya soal bagasi sih tenang saja, tiketku itu sudah termasuk bagai 30 kg kok jadi aku bisa bawa pakaian banyak karena malas cuci baju heheheh. Satu lagi, makanan juga sudah dapat, all in deh pokoknya beli di STA Travel. Sampe kenyang aku di pesawat, beneran deh.

Catatan : Ayo yang masih student dan mau ke luar negeri dan agak mendadak keberangkatannya, beli tiket di STA Travel saja. Tapi kalau keberangkatan kamu sudah sebegitu terencana dan bahkan 2 bulan atau 1 bulan sebelum keberangkatan sudah bisa pesan tiket pesawat, aku sarankan browsing di situs pencarian tiket pesawat terbang dulu ya. Kalau memang mau pesan tiket di STA Travel Indonesia, langsung telepon saja ya, soalnya website (website lokal ya) mereka tidak update menurutku. STA Travel itu dibawah PT. Aviation Indonesia yaa.

Alamat STA Travel

Alamat STA Travel

5. Kalau kamu nggak percaya sama saran aku

Googling aja deh sebanyak-banyaknya hehe. Aku bisa aja salah kok.

Have a nice flight for everyone 🙂

One thought on “Tiket Pesawat Hemat

Leave a Reply

