Moneychanger Ayu Masagung & Mencari Turkish Lira

I. Mencari Turkish Lira di Moneychanger Ayu Masagung

Memiliki mata uang sebuah negara adalah harus saat kamu mau pergi ke suatu negara. Ya bisa jadi kalau kamu mau ke salah satu negara di Eropa, kamu hanya perlu bawa Euro, tak perlu repot menukarkan ke mata uang Zloty kalau mau ke Polandia atau Rubel kalau mau ke Rusia. Eh benar kan ya yang aku tulis tadi? Benar lah ya hihi. Lain hal nya kalau kamu ke negara lain selain di benua Eropa. Waktu aku mau ke Turki, aku sedikit kebingungan mencari Turkish Lira (TL). Setelah gooling aku jadi tahu kalau di Turki juga bisa pakai Euro, tapi kalau kita pakai Euro nanti saat kita beli sesuatu harganya bakalan jadi lebih mahal. Lagipula lebih aman punya TL lah ya, iya nggak? Iya aja dong. Hehe.

Berbekal rupiah di dalam tas, aku pun pergi ke moneychanger di Kwitang, Jakarta Pusat. Namanya PT. Ayu Masagung yang berlokasi di Jl. Kwitang No. 38 Jakarta, nomor teleponnya di (021)3103375. Kenapa aku ke moneychanger tersebut, simpelnya karena Mama yang bilang kalau tukar uang ya disitu saja. Jadi gini, 2010 lalu saat aku dan Mama mau pergi ke suatu negara, Mama minta aku untuk tukar uangnya ya di moneychanger PT. Ayu Masagung. Karena Mama selalu bisa diandalkan, akupun selalu percaya pilihan Mama. Oh iya, akhirnya karena rasa ‘kepo’ aku yang cukup besar, aku googling mengenai PT. Ayu Masagung. Beberapa sumber menyebutkan bahwa moneychanger tersebut memang dipilih karena rate nya tidak jauh berbeda dengan rate dari Bank Indonesia. Hemm, kalau kamu tanya rate itu apa, aku juga bingung rate itu apa hehe. Kalau sepengetahuanku yang tidak seberapa ini, rate itu adalah seberapa besar nilai tukar mata uang yang satu dengan mata uang lainnya. Gitu ya, kalau salah gapapa ya. Hiks.

Beberapa hal kalau kamu mau ke moneychanger PT. Ayu Masagung:

1. Bawa uang cash sejumlah yang kamu mau, tidak usah berpikir mau ambil di ATM. Karena di tempatnya tidak ada ATM, harus menyebrang dulu, jalan dulu gitu kalau mau ke ATM. Untuk aku yang saat itu sedang buru-buru rasanya kok ya ATM tuh jauh banget.

2. Ternyata PT. Ayu Masagung hanya menyediakan mata uang umum seperti US Dollar, GB Poundsterling, Euro, Japanese Yen, Korean Won, dan beberapa mata uang lain yang aku tidak hafal. Jadi? Jadi apa? JADI TIDAK ADA TL. Duh Ya Allah, sedihnya. Pelajaran penting, adalah kamu harus telepon dulu moneychanger yang kamu tuju ya siapa tahu mata uang yang kamu cari tidak ada, atau mata uang yang kamu cari ada namun persediaannya habis.

3. Kalau kamu dalam keadaan belum shalat, tenang saja! Moneychanger yang menjadi satu gedung dengan Toko Buku Gunung Agung memiliki mushalla kok di Lantai 4. Kalau kamu lapar juga ada salah satu restoran fastfood dalam gedung yang sama. Ya kalau kamu lapar ‘ilmu’ tinggal beli buku saja hehehe.

4. Santai saja kalau datang ke moneychanger ini sekitar jam 12-an, karena di moneychanger ini tidak ada waktu istirahat loh.

Nah, jadi bagaimana nasib pencarian TL ku ini? Aku pun googling mengenai dimana moneychanger di Jakarta yang menyediakan TL. Hasilnya sih ada beberapa moneychanger yang menjual TL, tapi kok ya halaman situsnya agak tidak meyakinkan. Akhirnya aku telepon saja kedutaan besar Turki untuk informasi yang lebih jelas. Kira-kira begini percakapannya ya.

Si Mbak Kedutaan : Halo, Selamat Siang.

Aku : Siang Mbak, saya mau tanya kalau mau tukar uang menjadi Turkish Lira kemana ya? Kok saya ke moneychanger di Kwitang dibilang Lira tidak tersedia.

Si Mbak Kedutaan : Oh, memang kalau di moneychanger ya tidak ada.

Aku : Oh jadi aku harus menukarkan uang dimana ya?

Si Mbak Kedutaan : Jadi, di Indonesia memang tidak ada perjanjian yang menyebutkan bahwa Turkish Lira beredar di Indonesia. Sehingga Mbak harus menukarkan uang di Turki langsung.

Aku : Oh gitu ya Mbak. Makasih banyak.

Si Mbak Kedutaan : Ya, sama-sama.

Hiks, jadi aku harus ke Turki ya untuk mendapatkan TL. Berhubung rupiah tercinta ini baru laku di dunia saat aku nanti jadi menteri, hehe, aku akhirnya kembali lagi ke moneychanger dan menukarkan uangku dengan Euro.

Hemmm, aku masih harus menukarkan uang lagi nih ternyata huhu, karena aku dikasih uang lagi sama Nenek aku, katanya takut aku disana terlantar. Huhuhu Alhamdulillah, betapa bersyukurnya aku, Nenekku masih punya rezeki bahwa untuk memberikan rupiah ke cucunya ini. Lalu dimana dong aku menukar uang tambahan itu? Tenang saja, di Bandara Soekarno-Hatta tepatnya terminal 2D ada kok moneychanger yang bukanya 24 jam. Saat aku menukarkan uang saja sekitar jam setengah 4 pagi. Kalau kamu tanya rate nya, hem aku tidak tahu, aku agak buru-buru. Tapi seingat aku rate nya biasa saja kok, tidak merugikan.

II. Mendapatkan Turkish Lira

Saat aku transit di Hamad International Airport di Qatar, aku bergegas mencari moneychanger untuk menukar Euro milikku menjadi TL. Setelah bertanya, aku menemukan moneychanger bernama ‘Travelex’. Kayaknya ini moneychanger cukup bonafide, counternya saja rapi dan bagus, petugasnya pakai jas kerja dan sigap (sepertinya). Langsung saja kukeluarkan uangnya Alia, Alia itu temanku yang bersama aku mau ke Istanbul hehe. Ternyata saudara-saudara, saat aku menerima TL kok aku merasa TL nya agak sedikit berkurang ya dari yang aku harapkan. Saat itu aku sudah googling terlebih dahulu, sehingga aku tahu kalau 1 USD = 2,28 TL. Kesimpulannya rate di Travelex tidak bagus, tidak ramah turis.

Travelex

Tuh lihat tuh. Kalau di google 1 USD = 2,28 TL, di Travelex 1 USD = 1,78 TL. Uh sebal, kesal, sedih. Jadilah aku tidak menukarkan uang aku semuanya, iya dong kan tidak mau rugi. Terus bagaimana dengan Alia? Huhuhu maaf Al, aku sudah terlanjur tukar uang. Aku juga sudah bilang ke Alia kok dan dia biasa aja, yeay!

Ohiya main sedikit hitung-hitungan yuk. Jadi ini perbandingan kalau kamu mendapat rate 1 USD = 2,28 TL dibanding dengan 1 USD = 1,78 TL. Dengan berbekal 300 USD kamu bisa mendapat:

– 684 TL dengan rate google.

– 534 TL dengan rate Travelex

Kan, benar kan, aku saja tidak usah pakai kalkulator sudah bisa menebak saat itu. Huhu. Jadi dimana dong cari Turkish Lira? Oke, mari aku ceritakan penggalan kisah kepulangan aku ke Indonesia. Jadi aku juga sudah googling dan aku jadi tahu kalau sebelum pulang sebaiknya kita tukarkan TL yang kita miliki ke USD atau Euro. Ya karena di Indonesia tidak ada penukaran mata uang TL, nanti sayang uangnya kalau memang sisa banyak. Akhirnya aku dan Alia mencari-cari moneychanger di Ataturk International Airport. Ketemu kok Alhamdulillah, ya memang moneychangernya tidak se-bonafide Travelex. Biasa saja. Tapi rate nya luar biasa! 1 USD = 2,22 TL. Tuh tuh tuh! Beda tipis dengan hasil dari google. Jadi kalau mau TL dengan rate bagus, tukarkan dulu rupiahmu ke Euro atau USD, tunggu sampai    di Ataturk International Airport dan carilah moneychanger disitu. Oh iya, aku juga menemukan 2-3 moneychanger lain di Ataturk International Airport dan aku lihat baik-baik papan yang menunjukkan rate nya. Alhamdulillah, rate nya hampir sama semua dengan rate yang dari google.

Happy Moneychanger-ing!

Advertisements

7 thoughts on “Moneychanger Ayu Masagung & Mencari Turkish Lira

  1. Salam saya punya uang lira sbsat 500000 lira dibuat tahun 1970, apa masih bisa kami jual / tukar, bila msh bisa dimana saya bisa menukarkanya?

  2. Wah kalau di Indonesia, mungkin bisa dijual ke kolektor uang kuno. Kalau mau ditukar secara kurs mata uang mungkin bisa menghubungi Kedutaan Besar Turki di Indonesia di nomor +62 21 5256250 untuk informasi lebih lanjut.

  3. Kalau lira edisi lama mungkin bisa ditanyakan ke kedutaan Turki. Namun kalau penukaran lira tidak ada di Jakarta, sekalipun di Kedutaan Turki, hanya mungkin dilakukan langsung di Turki.

  4. Halo Ade, setahu saya kalau di Indonesia belum bisa. Authorized money changer nggak ada yang bisa jual beli Lira. Kalau mau ya ke bandara di negara yang punya perjanjian jual beli Lira.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s