Visa ke Turki

Salah satu persyaratan masuk ke sebuah negara adalah memiliki visa. Visa itu ada banyak macamnya, ada Visa on Arrival (VoA) dimana visa bisa didapatkan setelah sampai di negara tujuan, contohnya jika kita berpergian ke negara di Asia Tenggara. Nah, masih dalam edisi menulis mengenai kesempatan (baca : rezeki) aku ke Turki, kali ini aku bakalan kasih tau mengenai visa ke Turki. Coba googling deh, pasti kamu bisa temukan beberapa informasi yang intinya mengacu pada dua hal yaitu:

1) Visa ke Turki dapat berupa Visa on Arrival, dimana kita bisa mengurus visa setelah mendaratkan kaki di Turki.

2) E-Visa, yaitu visa elektronik yang disediakan oleh pemerintah Turki. E-Visa ini dibuat melalui website dan dibayar dengan kartu kredit. Visanya akan berbentuk digital dan bisa dicetak pada kertas kalau kita mau.

Kalau aku, mencoba pilihan yang ke-2 yaitu E-Visa. Aku pilih visa elektronik karena kabar ‘burungnya’ kalau visa on arrival kita butuh antri dan kadang antriannya panjang. Duh, kalau biaya sama ya menurutku lebih baik visa elektronik saja. Kalau kamu berniat ke Turki dan menggunakan E-Visa, begini caranya ya.

1. Buka situs https://www.evisa.gov.tr/en/

E-Visa Homepage

2. Kamu ikuti saja petunjuknya, kalau kamu memang sangat tidak bisa bahasa Inggris, minta tolong pada temanmu ya hehe. Kamu klik Apply Now.

3. Nanti kamu diminta isi data, ya standar saja, yaitu nama, tanggal lahir, waktu keberangkatan, waktu kepulangan, dan sebagainya. Silahkan isi sesuai diri kamu ya, kalau bingung bisa tanya aku atau customer service nya kedutaan Turki.

E-Visa page 1

Pertama kamu akan diminta mengisi tentang Country Application. Lalu tekan Save and Continue.

E-Visa page 2

Masukkan tanggal berapa kamu sampai di Turki. Lalu tekan Save and Continue.

E-Visa page 3

Ketiga, isi data diri kamu. Lalu tekan Save and Continue.

E-Visa page 4

Terakhir, akan muncul halaman seperti ini. Tekan Verify dan tunggu saja nanti akan ada pesan baru di email kamu.

4. Setelah kamu melakukan verifikasi dengan membuka situs yang tertera di email kamu. Kamu akan beralih pada halaman pembayaran. Nah nanti kamu akan diminta membayar sebesar $25,7 ya kalau dirubah ke mata uang kita itu sekitar Rp 310.000,00. Gunakan kartu kredit ya, kalau aku pakai kartu kredit milik Mama hehe. Aku cuma punya kartu debit, kata Mama punya kartu kredit itu kurang baik.

Kamu akan diminta mengisi berapa nomor kartu kredit kamu, kode keamanan (security code), serta tanggal expired kartu kreditnya.

5. Dan…….pufff…….dalam 5 menit visa elektronik kamu akan jadi, selain bisa dibuka langsung di jendela browser, dikirimkan juga alamat situs visa elektronik kamu yang nantinya bisa di download dalam format pdf.

Visa Ready 1

Nanti akan muncul pesan baru setelah kamu melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Tekan download.

Visa Ready 2

Tekan ‘Download your e-Visa’ dan yaaaaa Alhamdulillah visa kamu berarti sudah jadi.

Catatan: Sebaiknya di print atau bawa hp/tablet/iPad kamu saat check-in atau imigrasi. Kalau aku sendiri sih tidak dicetak, jadi aku menunjukkan visa elektronik aku ke petugas melalui tab. Hehe agak repot sih ya pegang tablet gitu, tapi sayang kertasnya.

Sumber gambar : https://www.evisa.gov.tr/en/

Happy Traveling 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s