Kenapa Aku Menulis?

Kadang malas sekali untuk sekedar menulis baik di blog ataupun buku harian, padahal rasanya ingin sekali menulis. Tapi ya itu, untuk memulai sesuatu memang memerlukan usaha lebih. Ada saja alasan-alasan yang membuat aku tidak jadi menulis, bisa saja tugas kuliah yang banyak atau karena waktu terlalu luang dan aku merasa menulis masih bisa dilakukan besok, padahal belum tentu besok aku masih hidup. Huhuhu.

stephen-king-e1365369852599

Nah, mumpung sekarang sedang banyak waktu luang, aku jadi teringat lagi alasan kenapa aku menulis. Mari kuceritakan 🙂

Cerita 1

Saat itu adalah persiapan keberangkatan aku ke Korea Selatan, tepatnya di Seoul. Aku adalah tipe yang biasanya selalu melakukan persiapan, jadilah aku cari informasi sebanyak-banyaknya melalui Google. Informasi yang aku cari beragam, mulai dari bahasa sederhana untuk meminta tolong sampai untuk mengatakan bahwa aku tidak makan babi, aku juga mencari informasi tentang tempat wisata dan cara mencapai tempat wisata tersebut, serta tempat makan halal. Dari info-info yang aku dapatkan, aku pun menyadari bahwa sebagian besar informasinya berasal dari BLOG orang-orang. Tentu saja ada informasi dari situs pariwisata Korea Selatan. Tapi penjelasan di blog lebih terperinci, kadang malah disertai foto-foto yang memudahkan.

Maka, kalau aku saja merasa tertolong dengan adanya blog-blog orang lain, mengapa tidak aku mencoba menolong orang lain dengan menulis di blog sendiri bukan? Sharing is caring, right? Ya walaupun mungkin masih lebih sering aku menulis opini personal. Semoga saja berguna bagi orang lain ya.

quote-about-writing3

Cerita 2

Menulis itu tidak secepat berbicara, aku harus menahan diri walaupun rasanya ada ratusan kata yang ingin dikeluarkan dari kepalaku namun kecepatan mengetikku biasa saja. Ya, aku berlatih kesabaran dengan menulis. Selain itu, menulis membuatku belajar untuk mengorganisasikan kata-kata menjadi padu dan maknanya bisa ditangkap oleh orang lain. Pernah punya teman yang kalau berbicara cenderung tidak mudah dimengerti? Nah, percaya atau tidak, biasanya orang yang terbiasa menulis maka memiliki kemampuan berbicara yang baik dan jelas. Kuberikan contoh konkretnya, mohon maaf kalau aku menyebutkan nama.

Pada September 2013, ada sebuah seminar di kampusku. Dari beberapa pembicara, antara lain ada Febrianti Almeera dan Kholidi Asadil Alam. Kenal tidak? Baik akan kuperkenalkan. Febrianti Almeera adalah seorang penulis buku berjudul Be A Great Muslimah dan memiliki situs pribadi dimana ia menuliskan opini-opininya, aku pernah membaca salah satu tulisannya dan cukup menginspirasi. Lalu beralih ke Kholidi Asadil Alam, beliau adalah salah satu pemeran di film Ketika Cinta Bertasbih. Mereka berdua sama-sama berbicara di depan publik.

Menurut aku pribadi, saat Kholidi berbicara ya aku bisa menangkap apa yang mau dia sampaikan. Tapi penyampaian Kholidi cenderung tidak ringkas atau bisa dibilang cukup makan banyak waktu padahal inti yang mau disampaikan sama. Aku rasa Kholidi kurang terorganisir dalam berbicara. Berbeda dengan Pepew (panggilan Febrianti Almeera), selain bisa menangkap apa yang bisa disampaikan, Pepew menyampaikan materinya dengan terstruktur dari awal hingga akhir. Ada klimaksnya dimana aku sebagai pendengar saja merasa ikut terenyuh.

Jadi bedanya apa? Menurutku, menulis membantu untuk menyusun kata-kata dan lebih lanjut menyusun sebuah cerita. Menyusun dengan padu dari awal hingga akhir, dari permulaan hingga akhir yang mau disampaikan. Kalau aku pribadi tidak terlalu suka untuk mendengar suatu cerita dimana saat ditengah-tengah sedang bercerita, si pencerita menambahkan detil detil awal cerita yang terlupakan. Mengerti tidak? Tuh kan, menulis tidak mudah. Huft. Haha.

To-write-means-more-than-putting

Sumber Gambar: Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3

Semoga dapat berguna 🙂

Happy writing!

6 thoughts on “Kenapa Aku Menulis?

Leave a Reply

