Mengurus Perpanjangan Paspor Online

Akan ada suatu hari dalam kehidupan dimana kita pasti butuh untuk membuat paspor atau memperpanjang paspor untuk suatu keperluan. Biasanya yang kita ketahui adalah mengurus paspor di Kantor Imigrasi terdekat. Alhamdulillahnya, di zaman yang canggih ini selain bisa cari pacar atau suami online, pembuatan paspor pun bisa online. Nice! Eh tunggu dulu ya, tapi tidak berarti kita buat secara online saja lalu PUFF paspor kita jadi, tetap saja kita perlu ke kantor Imigrasi. Ya, proses pelayanan paspor online ini tentunya hanya untuk mempercepat dan mempermudah proses pelayanan paspor.

Suatu hari dalam kehidupan yang mana perpanjangan paspor diperlukan akhirnya datang padaku di awal 2015. Setahuku sih mengurus apapun di kantor-kantor pemerintahan tuh lama, tidak asik, panas, penuh calo yang tinggal bayar semua diurus. Alhamdulillah lagi karena hasil googling dan membaca tulisan-tulisan online mengenai perpanjangan paspor, aku mengetahui bahwa perpanjangan paspor bisa dipermudah dengan layanan paspor online. Berikut ini adalah cara yang aku lakukan dalam rangka memperpanjang paspor pada Januari 2015 lalu.

Step 1 – Daftar Secara Online

Daripada berpanas-panas ria yang membuat kulit kita berperang dengan UV-A dan UV-B, mending bilang Alhamdulillah sambil buka website imigrasi.go.id. Nah terus kamu bisa eksplor sendiri website tersebut, atau ikuti petunjukku berikut ini.

  • Klik Layanan Publik

Paspor Online 1

  • Pada bagian Layanan Online, Klik Layanan Paspor Online

Paspor Online 2

  • Pada bagian tengah langsung pada halaman selanjutnya, klik Pra Permohonan Proposal

Paspor Online 3

  • Isi data-data yang diminta serta klik Lanjut sampai bagian Pembayaran

Paspor Online 4

  • Sampai bagian 3 yaitu Proses Pembayaran, kita tidak bisa melanjutkan pengisian sebelum melakukan pembayaran. Lalu kamu akan mendapatkan e-mail seperti di bawah ini disertai lampiran berupa Bukti Pengantar ke Bank

Paspor Online 5

Paspor Online 6

Step 2 – Pergi ke Bank BNI

Pastinya bukan untuk buka tabungan ya, tapi untuk setor tunai biaya perpanjangan paspor. Maka, perlu untuk mencetak BUKTI PENGANTAR KE BANK yang telah dikirimkan melalui e-mail. Setelah membayar, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran dari bank yang didalamnya tertera Nomor Konfirmasi Pembayaran.

Step 3 – Lanjutkan Proses Online

Setelah membayar di bank sudah dilakukan, selanjutnya buka e-mail yang telah didapat sebelumnya.

  • Klik LANJUT atau copy-paste URL yang diberikan dalam e-mail tersebut
  • Lanjutkan pengisian data dengan mengetikkan Nomor Konfirmasi
  • Pilih tanggal untuk melakukan wawancara dan foto
  • Jika proses pengisian sudah lengkap, maka akan mendapatkan e-mail lagi yang seperti ini disertai lampiran yang berupa Tanda Terima Permohonan

Paspor Online 7

Paspor Online 8

Step 4 – Siapkan Dokumen

Sebelum berangkat ke kantor imigrasi yang dipilih, pastikan dokumen-dokumen di bawah ini telah kamu siapkan ya di rumah.

  • Akte Kelahiran dan satu lembar fotokopiannya dalam ukuran A4
  • Kartu Keluarga dan satu lembar fotokopiannya dalam ukuran A4
  • KTP dan satu lembar fotokopiannya dalam ukuran A4, walaupun ukurannya kecil setelah difotokopi, kertas tidak perlu dipotong
  • Paspor lama dan satu lembar fotokopiannya di bagian Identitas Diri

Catatan : Bawa dokumen asli untuk dokumen yang disebutkan di atas dan struk pembayaran dari bank.

Ohiya! Berdasarkan, salah satu sumber disebutkan bahwa akan ada e-mail selanjutnya yang berisis formulir pribadi. Namun seingatku dan setelah aku cek pada kotak masuk e-mail, tidak ada pengiriman formulir pribadi. Mungkin diisinya di kantor imigrasi, entahlah aku lupa.

Step 5 – Wawancara dan Foto di Kantor Imigrasi

Biasanya kantor imigrasi buka pukul 08.00 – 14.00 untuk mengurus paspor. Pastikan kamu datang pagi dengan membawa dokumen yang telah kamu siapkan, untuk mengantri nomor. Jadi saat datang tanya saja ke satpam bagian pengurusan paspor online dimana, karena tempatnya berbeda untuk pengurusan paspor yang dari awal di kantor imigrasi tanpa proses online.

  • Nanti setelah pengecekan dokumen, kamu akan mendapatkan map dan nomor antri wawancara dan foto.

Paspor Online 9

  • Setelah itu kamu akan duduk menunggu sambil melihat layar dan berharap nomor antri kamu segera keluar.

Paspor Online 10

  • Jika kamu telah menyelesaikan proses wawancara dan foto, kamu akan mendapatkan semacam bukti permohonan paspor. Aduh tapi lupa aku foto kertasnya.

Step 6 – Tunggu 3 Hari dan Ambil Paspormu

Setelah menunggu dengan kalem selama kurang lebih 72 jam, maka tiba saat paspor baru kamu dapat diambil. Datang saja ke kantor imigrasi, lalu lihat dimana tempat pengambilan paspor. Kalau di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur, saat datang kita perlu menaruh semacam bukti permohonan paspor yang kita dapat sebelumnya seperti gambar di bawah ini. Sudah deh tunggu saja nama kamu dipanggil Mbak-Mbak petugas.

Kira-Kira begitu keseluruhan proses perpanjangan paspor yang aku lakukan. Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Mengurus Perpanjangan Paspor Online

  1. mba mau tanya, itu memang kita dikasih lembar pengantar ke bank aja (pada pdf confirmation), soalnya ditanyakan lembar permohonan oleh pihak imigrasinya.

  2. Nggak kok. Setelah kita bayar ke bank dengan membawa bukti berupa pdf, lalu buka email untuk melanjutkan proses pendaftaran di imigrasi dan nanti dapat lembar permohonannya. Coba kamu baca lagi, sebelum step 4 yaitu menyiapkan dokumen. Ada kok pdf yang judulnya ‘Tanda Terima Permohonan’.

    Thanks for visiting my blog ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s