Mendaftar NIDA Summer Camp

Pada tulisan (atau lebih tepat disebut ketikan) kali ini, aku akan menceritakan tentang pengalamanku menjadi peserta dalam 4th NIDA Summer Camp “Sufficient Economy for Sustainable Development.” Sebelumnya mari aku jelaskan apa itu NIDA supaya kamu tidak roaming, hehe. NIDA ialah nama kampus di Bangkok, Thailand. Kepanjangan dari NIDA adalah National Development of Development Administration. NIDA adalah kampus untuk program S2 dan S3, sehingga tidak ada undergraduate program.

  1. Kepo

Seperti biasa, aku yang memang selalu penuh rasa ingin tahu (dan ingin tempe, serta ayam goreng, ditambah nasi uduk, wgwgwg #abaikan) alias kepo ini selalu saja lihat-lihat social media. Biasanya aku memantau kesempatan di twitter @kampusupdate atau @IDstudentjob, seperti yang pernah aku tuliskan disini. Selain itu, aku juga biasanya kepo kesempatan ke luar negeri dengan memantau website International Office kampusku yaitu international.ui.ac.id lalu eksplor-eksplor deh.

Alhamdulillah, aku menemukan kesempatan 4th NIDA Summer Camp ini. Hal yang paling membuatku mupeng adalah karena kegiatan ini GRATIS kecuali biaya pesawat. Yah, dari informasi yang tersedia kira-kira ini yang gratis:

  • Penginapan
  • Makan sehari-hari
  • Biaya Wisata

Hal yang paling membuat semangat tinggi adalah saat melihat itinerary yang disediakan. Nih ya aku berikan deh itinerary, biar kamu ikutan tahun depan hehehe.

Itinerary 4th NIDA Summer Camp

Bagaimana seru kan? Asik kan? Alhamdulillah kan? Tuh ya, selama kita mau mencari kesempatan, in sha Allah kesempatan selalu terbentang kok.

  1. Mengajukan Pendaftaran

Setelah aku buka situs NIDA dan membaca mengenai 4th NIDA Summer Camp, akhirnya aku mengetahui proses pendaftarannya. Aku rasa sih bisa saja aku daftar sendiri ke NIDAnya, tapi menurut informasi di situs International Office (IO) ya aku perlu mendaftar melalui IO kampusku. Yasudahlah ya, lewat IO saja kayaknya lebih resmi.

Tapi sih ya, dari IO agak bagaimana gitu. Jadi gini, IO itu mensyaratkan beberapa hal seperti minimal dan maksimal semester berapa, skor TOEFL berapa, dsb agar bisa ikut 4th NIDA Summer Camp. Intinya sih IO akan menyeleksi terlebih dahulu, huhuhu. Yah, bagaimana yah, berarti kan jadinya makin dipertipis saja kesempatan ini. By the way, yaudah tidak apa-apa.

Berikut ini ialah prosedur pendafraran yang aku lalui.

  • Mengisi Formulis Aplikasi

Standar saja kok, ya isi saja gitu formulirnya.

  • Melampirkan Paspor

Aku scan bagian Identitas Diri di paspor.

  • Melampirkan Transkrip Nilai

Aku mintakan Transkrip Nilai di fakultasku.

  • Membuat Esai

Ada tema tertentu, sehingga esainya tidak bebas tema. Dituliskan dalam bahasa Inggris dan minimal 1000 kata. Hahaha, bayangkan betapa aku perlu berpikir lebih dan membaca sana-sini. Kalau tidak salah esainya tentang Sufficient Economy sesuai tema NIDA Summer Camp 2015 ini.

  • Membuat Motivation Letter

Aku buat 1 halaman motivation letter dalam bahasa Inggris tentunya.        Biasanya sebelum membuat motivation letter, aku googling sana-sini dulu supaya motivation letter buatanku tidak kalah bagus dengan buatan orang lain. Hehe.

  • Melampirkan Curricculum Vitae (CV)

Duh perlu sekali loh membuat CV sejak awal masuk kuliah serta selalu memperbaruinya. Jadi kalau ada persyaratan yang meminta CV, kita sudah siap.

  1. Pengumuman!

Setelah menunggu kira-kira 1 bulan lebih, akhirnya datanglah sebuah e-mail yang sangat Alhamdulillah. Yaudah deh, aku diminta konfirmasi dan diminta mengirimkan jadwal keberangkatan serta detail penerbangannya.

Daftar NIDA 2

  1. Persiapan sebelum ke Thailand

Tiket Pesawat

Selain konfirmasi, tentunya aku perlu membeli tiket pesawat dan itu berarti butuh uang dong ya syalalalala. Mana aku suka gaya-gaya-an, maunya pakai maskapai Garuda Indonesia. Yah, karena selain pelayanannya bagus, bangga saja gitu, huhu maafkan padahal belum bisa cari uang. Akhirnya aku bicarakan dengan Ibuku. Awalnya Ibuku menyarankan pakai maskapai AirAsia atau Tiger Air. Duh, tapi aku tidak mau.

Hem bagaimana ya, seorang temanku bilang pesawat AirAsia jelek soalnya, tapi ada juga sih temanku yang bilang menggunakan AirAsia itu asik karena murah, bisa pakai bagasi dan dapat makan juga. Anyway, pemilihan pesawat itu kan taruhannya keselamatannya jiwa kan ya? Yaudah aku akhirnya pakai Thai Airways aja hahahaha.

Jadi emang sih ada diskon 20% tiket Garuda Indonesia untuk sivitas akademika UI, tapi tetap saja masih mahal. Kalau tidak salah seperti ini.

Tiket Garuda Indonesia setelah diskon       : IDR 5.800.000

Tiket Thai Airways                                       : IDR 3.700.000

Tiket Low-Cost Airlines seperti AirAsia        : di bawah IDR 2.500.000

Alhamdulillahnya, aku memang tidak mendapatkan yang aku inginkan. Tapi Ibu akhirnya yang memilihkan Thai Airways untukku hehehe. Tuh lihat kan betapa sayangnya orang tua. Hiks, semoga saat aku jadi orang tua bisa seperti Ibuku ya, kamu juga ya. Aamiin.

NusaTrip.com

Aku pesan tiket pesawat melalui situs nusatrip.com, sebenarnya aku rasa skyscanner.com dapat mencarikan tiket yang lebih murah sih. Tapi…….kalau melalui skyscanner.com itu kan dicarikan yang termurah jadi kadang belum termasuk bagasi. Duh, aku paling malas kalau bagasinya belum jelas. Nanti kena charge lagi atau harus bayar terpisah, aku lebih suka yang all in one. Menurut aku yang all in one ya di nusatrip.com hehe.

TAPI! Aku tahu yang lebih murah loh, tapi tahunya setelah sudah pulang dari Thailand. Yaitu via.com, coba deh. via.com itu all in one juga kok dan somehow aku merasa itu murah banget OMG! Beneran deh, eh atau aku berlebihan ya? Haha, entahlah, coba saja kamu cek website itu. Lalu bandingkan dengan situs booking tiket pesawat lainnya.

LINE Group

Nah, delegasi dari Indonesia yang diterima ada 11 orang yang berasal dari kampus-kampus berbeda di kota dan provinsi berbeda. Alhamdulillah ada seorang teman yang berinisiatif untuk membuat grup di LINE untuk mengenal satu sama lain serta janjian ini dan itu hehehe.

Kira-kira itu dulu deh yang bisa aku ceritakan. Sebenarnya aku mau cerita soal bagaimana perjalanan di Thailand selama mengikuti NIDA Summer Camp. Tapi mungkin di tulisan selanjutnya ya hehehe. Kalau kebanyakan tulisan, kamu juga pasti lelah membacanya kan? Hoho. Maafkan aku sok tahu.

Semoga tulisan aku ini bermanfaat. Semoga yang tahun depan mau mendaftar NIDA Summer Camp terpilih ya, in sha Allah 🙂

Semoga apa yang aku tulis ini bermanfaat. Semoga tahun 2016 nanti kamu daftar NIDA Summer Camp dan terpilih ya 🙂

Advertisements

52 thoughts on “Mendaftar NIDA Summer Camp

  1. Halo kak, aku berencana ikut The 5th NIDA Summer Camp tahun 2016. Aku boleh lihat essay, motivation letter dan CV kakak buat referensi ga kak? Kalau boleh, bisa kirim ke email aku syifarzkna@gmail.com
    Thank you kak! Have a good day 🙂

  2. Halo kak… Kalo diizinkan, aku juga ingin lihat essay, motivation letter, dan cv yang kakak buat sebagai contoh. Kalo berkenan kirimkan ke email aku 13.124.iks@gmail.com kak. Terimakasih sebelumnya kak, hope you success! 🙂

  3. Halo kak… Kalo diizinkan, aku juga ingin lihat essay, motivation letter, dan cv yang kakak buat sebagai contoh. Kalo berkenan kirimkan ke email aku 13.124.iks@gmail.com kak. Terimakasih sebelumnya kak, hope you success!! 🙂

  4. Dear Ice, sudah di share yaa. Thanks, semoga Ice juga sukses terus yaaa sesusah apapun problem yang Ice hadapi 🙂

  5. Hallo kak. Sebelumnya selamat ya udah lolos ikuyan the 4th NIDA.
    Kalau berkenan, boleh saya jadikan essay,cv dan motivation letter kakak sbg referensi dlm pembuatan yg baik kak? Kalau diizinkan kirim ke email ya kak ririmailanti@ymail.com
    Terima kasih banyak

  6. Hallo kak. Sebelumnya selamat atas lolosnya the 4th NIDA nya. Kalau dibolehkan,boleh saya liat cv,essay dan motivation letter nya kak?biar bisa saya jadikan referensi cara bikin yg baik dan benar kak. kirim ke email ya kak ririmailanti@ymail.com
    Terima kasih banyak kak

  7. hallo kak, The 5th NIDA Summer Camp sudah dibuka pendaftarannya, bolehkah saya bertanya medical certificate yang diminta NIDA yang seperti apa ya kak? karena kan umumnya medical certificate di Indonesia berupa surat keterangan sehat yang selembar menggunakan bahasa Indonesia pula. terimakasih 🙂

  8. Hello Maya,

    Seingat aku, dulu aku tidak melampirkan medical certificate sepertinya. Dulu aku mendaftarnya dibantu pihak International Office kampus. Mungkin kamu bisa bertanya langsung pada komite NIDA Summer Camp atau minta bantuan International Office kampus kamu.

  9. Kak sy tere dr fe ui mau daftar nida 5th camp sama temen2 saya satu angkatan, sy ber15 rencana daftar. boleh tau berapa kuota utk indonesia ya kak? lalu bolehkah saya lihat contoh dr berkas kakak thn lalu ? Boleh kirim ke email saya: theresiaramadhani@yahoo.com

  10. Halo Tere, wah kita satu kampus ya! Tidak ada kuota Re, tahun lalu yang diterima 10 orang. Dari UI 2 orang, dari ITB 2 orang, dari UNAIR 1 orang, dari UNJ 1 orang, dari UGM 2 orang, dari Universitas di Batam 2 orang. Boleh kok, aku share ya ke kamu Re. Good luck.

  11. Assalamu’alaykum, aku boleh lihat CV, motlet, dan essay kaka juga?
    ini emailku ajeng.raffi@gmail.com

    Anyway NIDA summer camp ini acara yg engage sm kampus tertentu atau semua org bisa ikut? Soalnya kampus aku ga punya IO, tp aku trtarik ingin ikut juga.. 😦

  12. Waalaikumussalam Ajeng,

    Sudah aku share melalui gdocs ya file yang kamu minta.
    Semua orang yang memenuhi syarat bisa daftar kok. Dari 10 orang yang ikut tahun lalu, 5 orang daftar sendiri kok.

    Sukses ya daftar NIDA Summer Camp nya 🙂

  13. Assalamualaikum,Hai drmahita….salam kenal yah, terima kasih infonya..jadi semakin tau tentang NIDA ini.Boleh juga dong dikirimi cv, motlet dan juga essay nya. Ini alamat email saya farah_1293@yahoo.co.id. Terima kasih. Wassalam

  14. assalamualaikum kak, tulisannya membantu sekali, kebetulan juga berencana buat ikut NIDA 2017 hehe. kl boleh, saya minta juga kak cv, essay, dan motivation letternya ke adewi1996@gmail.com
    terimakasih banget kak! ☺

  15. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh Dina.

    Alhamdulillah kalau informatif.
    Mohon maaf baru sempat balas, sudah aku kirim ya file-file nya.

  16. Waalaikumussalam warahamtullahi wabarakatuh.

    Salam kenal juga Dini.
    Sudah aku kirim ya file-file aku, silakan dicek email kamu.

  17. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, Rikha.

    Yuk yuk daftar NIDA.
    Wah boleh dong yaaa, sudah aku kirim ke email kamu. Cek ya.

  18. Hai,dramahita..terimakasih sebelumnya atas file2 nya kemaren, udah diterima ya.mksih bnyak..begini ada yg mau ditanyakan perihal pengiriman dokumen melalui post itu seperti transkrip,ijazah dll fotocopy ya?ga pakai tanda tangan pengesahan kah?trus jga kira2 brapa lama sampainya document kita ke sana?oh ya kalau ada yg mau ditanyakan lagi bleh kan ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s